Membangun Sistem Pembelajaran E- Learning Berbasis Web pada SMK Yasmida Ambarawa

Authors

  • Sulasminarti
  • Iin Kurnia AMIK Dian Cipta Cendikia Pringsewu
  • Damar Hidayat Pamungkas AMIK Dian Cipta Cendikia Pringsewu

Keywords:

XP (Extreme Programming), UML (Unified Modelling Language), XAMPP, PHP, E-Learning

Abstract

Saat ini, pendidikan berada dimasa pengetahuan (knowledge age). Hal ini di indikasi dari peningkatan pengetahuan yang luar biasa. Percepatan peningkatan pengetahuan ini didukung oleh adanya media dan teknologi digital yang disebut dengan information super highway. Untuk membantu guru dalam proses pembelajaran pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) YASMIDA Ambarawa. Saat ini proses pembelajaranya kurang efektif dan tidak terkontrol ketika guru pengampu mata pelajarannya tidak berangkat atau izin maka proses pembelajaranya pun terhambat meskipun guru pengampu sudah menitipkan tugas kepada guru piket yang aktif.

Untuk mengatasi permasalahan diatas, penulis membuat sebuah rancangan sistem baru yang dituangkan dalam bentuk Rancangan Extreme Programming, Rancangan Basis Data, Rancangan Normalisasi  ,Rancangan Input, Rancangan Output, Rancangan Usecase, Rancangan UML dan pembuatan program aplikasi menggunakan bahasa pemrograman Berbasis Online Website.

Sistem Pembelajaran E-Learning merupakan solusi yang tepat bagi SMK YASMIDA Ambarawa karena memberikan satu nilai tambah bagi kualitas dan ketepatan suatu informasi. Kemampuan penyimpanan informasi yang lebih banyak serta lebih cepat dibandingkan dengan sistem terdahulu . Sistem Pembelajaran E-Learning  ini selain sebagai media pembelajaran yang disajikan selalu up to date, juga desain interface yang menarik menjadi daya tarik para Peserta didik untuk meningkatakan semangat belajar.

Downloads

Published

2022-04-26

How to Cite

Sulasminarti, Kurnia, I., & Hidayat Pamungkas , D. . (2022). Membangun Sistem Pembelajaran E- Learning Berbasis Web pada SMK Yasmida Ambarawa. Jurnal Informatika Software Dan Network (JISN), 3(1). Retrieved from https://jurnal.dccpringsewu.ac.id/index.php/ji/article/view/36